Kamis, 17 April 2014

MANIPULASI FAKTOR EKSPOSI FFD, GRID dan SCREEN

ASSALAMU'ALAIKUM................
salam radiasi, ok semuanya...... bagaimana kabar sejawad semua?? semoga selalu dalam lindungan Allah s.w.t.... aamin
setelah kemaren sempat menghilang karena ada UTS di kampus saya dan sekarang sudah selesai sehingga ane bisa upload lagi deh hehehe ^_^&
kali ini ane bakalan isi blog ini dengan judul................. taraaaaaaaaaaaaaaaaaaaa


MANIPULASI FAKTOR EKSPOSI
FFD, GRID DAN SCREEN


ISI



2.1 FAKTOR EKSPOSI
Faktor eksposi ( faktor penyinaran ) terdiri dari kV ( kilo volt ), mA ( miliAmper ) dan s (second) . kV adalah satuan beda potensial yang diberikan antara katoda dan anoda didalam tabung Roentgen. KV akan menentukan Kualitas sinar-x. mA adalah suatu arus tabung, dan s adalah satuan waktu penyinaran. mAs akan menentukan kuantitas sinar - x.

2.1.1 kV (kilovolt)
            Tegangan listrik (kV) adalah satuan beda potensial yang diberikan antara katoda dan anoda didalam tabung Roentgen. kV atau Tegangan listrik akan menentukan kualitas sinar-x dan daya tembus sinar-x, makin tinggi besaran tegangan listrik yang digunakan makin besar pula daya tembusnya.
Dalam menentukan tegangan listrik sebaiknya menggunakan tegangan optimal yang mampu menghasilkan detail obyek tampak jelas. Hal-hal yang mempengaruhi tegangan tabung adalah :
a. Jenis pemotretan
b. Ketebalan obyek
c. Jarak pemotretan
d. Perlengkapan yang digunakan
Efek yang terjadi sehubungan dengan kenaikan tegangan listrik (kV) adalah
a.  Energi radiasi sinar-x akan meningkat, sehingga densitas pada film akan               menigkat
b. Mengurangi kontras obyek
c. Mengurangi dosis radiasi pada kulit sedangkan pada gonat meningkat

2.1.2 mA (miliAmpere)
Arus dan waktu adalah pekalian arus listrik (mA) dan waktu exposi (s), yang mana besaran arus ini menentukan kuantitas radiasi. Dalam setiap pemotretan pada berbagai bagian tubuh mempunyai besaran arus dan waktu tertentu. Pada dasarnya arus tabung yang dipilih adalah pada mA yang paling tinggi yang dapat dicapai oleh pesawat, agar waktu exposi dapat sesingkat mungkin, sehingga dapat mencegah kekaburan gambar yang disebabkan oleh pergerakan. Waktu exposi yang relative panjang digunakan pada teknik pemeriksaan yang khusus misalnya tomografi.

Merubah mAS akan mempengaruhi tenaga berkas sinar-x secara total yang dihasilkan oleh tabung sinar-x selama eksposi ; perubahan mAS tidak merubah kualitas berkas sinar-x . Keluaran sinar-x dari tabung dan tenaga yang dilepaskan pada reseptor gambar selama eksposi akan berbeda langsung dengan mAS. Sebagai contoh , jika mAS di duakalikan maka sistim film screen akan menerima duakali tenaga .
Sementara umum bagi radiographer memperlakukan mAS sebagai factor tunggal, sesungguhnya merupakan hasil dari dua kuantitas yaitu :
Arus (mA) yang mengalir dari katoda ke anoda tabung sinar-x selama eksposi.
Waktu lama eksposi dalam sekonde ( detik )

Jadi berapapun nilai individual mA dan waktu ( S ) eksposi , jika hasilnya konstan , tenaga yang mengenai reseptor gambar adalah sama , sebagai contoh :
20      mA  selama  1 detik
40      mA  selama  0,5 detik
80   mA  selama  0,25 detik
200 mA  selama  0,1 detik
500 mA  selama  0,04 detik      

Semua kombinasi menghasilkan 20 mAS dan semuanya menghasilkan tingkat tenaga radiasi yang sama yang mencapai film ( dengan asumsi factor-faktor lainnya tidak ada yang dirobah ).

Sebagai ketentun umum, radiographer lebih menyukai menggunakan kombinasi mA dan waktu eksposi , dimana waktu sesingkat mungkin , untuk memperkecil ketidaktajaman gerakan. Untuk suatu nilai mAS yang terpilih kebanyakan sistim kontrol sinar-x  yang modern akan secara otomatis menggunakan kobinasi mA maksimum dan waktu minimum, kecuali dikehendaki yang lain.Peralatan eksposi otomatis ( Automatic exposure device = AED) , seperti Iontomat , juga menggunakan mA  maksimum dan waktu eksposi minimum

2.2  FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPERNGARUHI BESARAN FAKTOR EKSPOSI
1.      Filter 
Pada umumnya tabung pesawat sinar-x diagnostic menggunakan filter inheret dan biasanya di tambah dengan filter tambahan berupa aluminium yang kalau disatukan setara dengan 2 mm Al. Filter ini berfungsi menyaring radiasi yang lemah. Sedangkan pada pemotretan yang menggunakan tegangan yang rendah seperti pada teknik pemotretan mammografi, filter tambahan tidak diperlukan akan tetapi pada pemotretan tegangan tinggi. Filter tambahan perlu diperhitungkan.

2.      Jarak pemotretan 
Jarak dalam pemotretan terdiri atas:
a. Jarak focus ke obyek (FOD = focus obyek distance)
b. Jarak obyek ke film (OFD = obyek film distance)
    Bila OFD dijauhkan maka akan terjadi :
    - Geometric unsharpness meningkat
    - Magnifikasi (pembesaran) bertambah
c. Jarak focus ke film ( FFD = focus film distance)
    Memperpanjang jarak focus ke film dapat menyebabkan:
-Mengurangi ketidaktajaman (kekaburan) gambaran yang disebabkan oleh factor geometrik.
-Mengurangi magnifikasi (pembesaran) pada gambar terutama pada pemotretan thorax.
- Mengurangi dosis kulit pada pasien.
- Menaikkan arus dan waktu (mAs).

Untuk menentukan besaran mAs tehadap perubahan FFD dapat menggunakan rumus dibawah ini : 
3.      Luas lapangan penyinaran ( kolimasi)
Membatasi dan mengurangi luas lapangan penyinaran pada suatu pemotretan akan mengurangi jumlah radiasi hambur yang akan mempengaruhi kontras. Pembatasan kolimasi disesuaikan dengan kebutuhan klinis.

4.      Ukuran focus
Pada pesawat sinar-x diagnostik yang umum digunakan biasanya mempunyai dua ukuran focus yaitu focus besar dan focus kecil. Fokus besar digunakan pada pemakain arus yang besar, sedangkan focus kecil digunakan pada pemakain arus kecil. Gambaran yang dihasilkan focus kecil lebih tajam dibandingkan dengan menggunakan focus besar.

5.      Film dan lembaran penguat (IS)
Kombinasi film dan lembaran penguat harus dipilih dengan mempertimbangkan kebutuhan akan detail dan kontras yang optimum, serta penggunaan dosis radiasi sekecil mungkin. Biasanya digunakan kombinasi lembaran penguat kecepatan sedangdan film cepat, sehingga factor eksposi dapat diperkecil.

6.      Grid
Grid merupakan alat untuk mengurangi atau mengeliminasi radiasi hambur agar jangan sampai ke film. Grid terdiri dari lajur-lajur lapisan tipis timbal yang disusun selang-seling diantara bahan yang tembus radiasi misalnya plastic dan kayu. Grid digunakan terutama pada pemotretan yang menggunakan mAs yang tinggi.

7.      Jenis pemotretan
Faktor eksposi yang dipilih untuk suatu pemotretan tergantung pada :
a. Bagian tubuh yang akan diperiksa
b. Struktur yang akan difoto
c. Keadaan fisik pasien

8.      Proses pengolahan film 
Setiap film harus diproses dengan teknik pengolahan film yang tepat, agar dihasilkan gambaran yang baik. Proses pengolahan film ada dua macam yaitu secara manual dan cara automatik. Faktor eksposi harus mempertimbangkan proses pencucian yang digunakan serta umur cairan pada proses pencucian film.

2.3 MANIPULASI FAKTOR EKSPOSI FFD, SCREEN dan GRID
2.3.1 FFD
Pada umumnya pemotretan dilakukan dengan jarak ( FFD ) standar, sebagai contoh 180 , 100 atau 90 cm. Kadang-kadang harus dilakukan pemotretan tidak pada FFD standar , sehingga eksposi yang sesuai dengan FFD standar harus dimodifikasi agar dapat diperoleh densitas gambar yang tepat.

Contoh : Terhadap pasien yang tidak dapat dipindahkan dari temapt tidurnya dilakukan pemotretan thorax AP supine dengan menggunakan pesawat sinar-x mobile. Faktor eksposi yang digunakan adalah  55 kV , 4 mAS pada FFD 120 cm, Diminta photo thorax follow up pada hari berikutnya , tetapi karena pada tempat tidur pasien harus dipasang perlengkapan traksi sehingga hanya dapat dilakukan dengan FFD 100 cm. Berapa mA harus dimodifikasi agar tetap dapat diperoleh photio torax dengan densitas yang sama.

Untuk pemecahan problem ini digunakan hukum kuadrat jarak terbalik ( inverse square law ) untuk memperoleh hubungan antara mAS yang diperlukan.
           
        mAS baru                            ( FFD baru ) 2
    ------------------      =       ------------------------------
        mA lama                              ( FFD  lama ) 2


Dalam contoh problem diatas  :

FFD  lama 120  cm                                                FFD  Baru   100  cm
mAS  lama  4 mAS                                                mAS  baru    =   ?
                                


    m AS baru                         1002
            ----------------         =     ------------------
                        4                                 1202


                                                                              100                
  mAS baru        =    ----------------- x  4
                                                                              144                                             
                                                               =  3  mAS

Dari perhitungan diatas maka untuk kondisi yag baru harus digunakan set factor eksposi 55 kV , 3 mAS dan FFD 100 cm agar tetap diperoleh densitas gambara yang sama.
Dalam hal ini perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan dalam pengukuran FFD sehingga tidak terjadi kesalahan medifikasi mAS.
Faktor eksposi yang cocok untuk satu kombinasi film screen dapat dikonversi dengan mudah untuk kombinasi yang lain.Konversi ini diperlukan jika dipergunakan sistim film screen baru. Untuk itu perlu menentukan kecepatan relative dari kedua system.

Contoh :Bagian radiology mengganti system tradisional fast tungstate screen film blue sensitive ( monochromatic ) dengan system rare earth screen film green sensitive  ( orthochromatic ). Pada 75 kV diketahui bahwa system baru 2,5 kali lebih cepat dibandingkan system lam. Faktor eksposi sebelumnya untuk proyeksi Lumbal  Lateral  adalah 75 kV dan 200 mAS pada FFD 90 cm.
Bagaimana factor eksposi ini dapat dimodifikasi dengan penggunaan system yang baru.

Karena system yang baru 2,5 kali lebih cepat , maka eksposi yang diperlukan 2,5 kali lebih kecil untuk memperoleh densitas yang sama. Jadi mAS baru dapat dihitung sebagai berikut :



                                        mAS  baru                                   1
                                    ----------------------       =        ---------------
                                    .   mAS  lama                                  2,5

                                   .    mAS baru                                    1
                                    ---------------------        =           -----------------
                                            200                                          2,5

                                                                                       200
                                              mAs  baru          =    ------------------
                                                                                        2,5
                                             
                                                                         =    80 mAS

Oleh karena itu factor eksposi yang diperlukan pada system yang baru adalah 75  kV dan 80 mAS pada FFD  90 cm.

2.3.2        SCREEN
Perangkat yang terdiri dari bahan fluorescent, yang ditempatkan dalam kotak dengan film di dalam kaset radiografi. Radiasi berinteraksi dengan fosfor neon, melepaskan foton cahaya. Foton mengekspos film dengan efisiensi yang lebih besar daripada dengan radiasi saja, dengan demikian paparan radiasi terhadap pasien dapat dikurangi.
Faktor-faktor film screen

Telah diuraikan bahwa faktor-faktor film screen adalah faktor-faktor yang mempengaruhi cara tenaga radiasi yang diterima reseptor gambar ( film ) yang diserap dan diubah menjadi densitas gambar (image density) dan kontras, dimana disini berlaku system film langsung sinar-x atau kombinasi film screen , diserap dan diubah kedalam densitas dan kontras gambar. Terdapat perbedaan fundamental antara kondisi–kondisi eksposi langsung sinar-x dan sistim film screen, yang akan diuraikan secara terpisah

Film langsung eksposi sinar-x ( Non – Screen )

Efek photografik yang terjadi dalam film eksposi langsung  ( film non screen ) dihasilkan hanya oleh akasi langsung dari sinar-x pada emulsi film.
Film eksposi langsung secara indifidual dibungkus dalam amplop kertas kuat , kedap cahaya yang hampir sepenuhnya radiolusence. Jadi tidak ada attenuasi berkas sinar-x ketika menembus amplop. Kriteria utama yang harus diperhitungkan untuk memilih eksposi adalah kecepatan (speed ) film .
Speed film relative
Proporsi yang setinggi mungkin tenaga sinar-x yang diserab oleh emulsi film merupakan hal yang sangat esensial. Karakteristik ini kadang-kadang dikaenal sebagai efisiensi deteksi kuantum ( quantum detection effeicience = QDE ) daro film.    
Setelah tenaga diserap, efek radiografik bersama dengan pembangkitan  kimiawi , harus mengubah tenaga kedalam densitas gambar yang cukup.Karakteristik film yang demikian ini disebut efisiensi konfersi. Efek efisiensi deteksi kuantum dan efisiensi konversi dikombinasikan dalam menyatak speed film.Tidak banyak metoda yang dapat diterima untuk menyatakan speed film secara absolute. Speed relative dapat berguna dalam mempertimbangkan kebutuhan eksposi, sebagai contoh  fil A memiliki speed dua kali film B, memerlukan eksposi hanya separoh untuk menghasilkan gambar dengan densitas rata-rata yang sama. Speed relative cenderung berbeda dalam nilai pada kilovoltage tabung yang berbeda, tetapi walaupun demikian ini merupakan factor yang dapat digunakan secara baik dalam kalkulasi ekaposi.

Sistem Film Screen
Sistem screen-film terdiri atas tipe screen dan film sinar-x yang digunakan baik single maupun doubel screen. Diusahakan agar desain kaset memungkinkan antara film dan screen dapat kontak secara merata.

Attenuasi kaset

Sinar-x harus melewati dinding kasette depan agar dapat mencapai dan mengaktifkan lembar penguat yang ada didalamnya . Bahan-bahan yang memiliki sifat attenuasi yang berbeda digunakan untuk konstruksi dinding kaset bagian depan. Bila menggunakan kaset dengan dinding depan terbuat dari campuran aluminium memerlukan eksposi lebih besar jika dibandingkan dengan bila terbuat dari serat Karbon , walaupun keduanya memiliki kombinasi film screen yang sama . Cara yang mudah membendingkan sifat atenuasi dari kaset adalah menyatakan kesetaraan dengan aluminium pada kilovoltage tertentu , sebagai contoh 1 mm Al pada 60 kV . Pengaturan eksposi yang diperlukan untuk mengkompensasi akibat penggunaan kaset yang berbeda biasanya dilakukan secara empiric, sehingga sebaiknya dalam satu bagian radiology tidak menggunakan kaset yang berbeda terlalu banyak.

Kecepatan ( speed ) lembar penguat.

Kecepatan lembar penguat adalah besaran luminansi yang diahasilkan dari eksposi tertentu . Hal ini tergantung pada efisiensi absorpsi terhadap foton-foton sinar-x ( QDE ) dan pada efisiensi konversi.. Indikasi kecepatan lembar penguat yang berbeda dinyatakan dengan kuantitas yang dikenal dengan fakTor Intensifikasi.  Tiga tipe intensfying screen yang tersedia adalah. (1) Layar kecepatan tinggi yang mendukung intensifikasi yang tinggi, (2) Layar kecepatan rendah menghasilkan gambar yang lebih tajam, (3) Layar par speed mendukung kecepatan sedang dan ketajaman yang sedang.

2.3.3        GRID
Salah satu masalah dalam mendapatkan gambar tajam didefinisikan dalam radiologi klinis adalah adanya radiasi tersebar atau sekunder.Foton ini dibuat dalam tubuh pasien atau dekat sekitar objek oleh interaksi dan materi yang utama "x" foton berasal dari tabung x-ray.Beberapa kemungkinan interaksi terjadi dalam rentang energi diagnostik.Pada energi relatif rendah, efek fotolistrik kemungkinan.Efek fotolistrik sebenarnya adalah foton, diinginkan / interaksi jaringan karena ada penyerapan lengkap dari foton tanpa produksi sebuah foton sekunder.Interaksi jaringan lebih umum pada energi foton yang digunakan untuk sebagian besar prosedur klinis disebut efek Compton atau hamburan koheren.Dalam interaksi ini, sebuah foton sekunder diproduksi di tempat interaksi. Foton sekunder akan selalu memiliki energi lebih rendah daripada foton primer dan akan pergi ke arah yang diubah. Foton ini sekunder, jika diizinkan untuk mencapai film ini, benar-benar akan menghasilkan informasi yang salah dengan merekam variasi nada kelabu (dan karena itu menunjukkan kepadatan jaringan relatif) pada jarak tertentu dari lokasi di mana foton / interaksi jaringan benar-benar terjadi. Hasil bersih yang memungkinkan sejumlah besar foton sekunder untuk mencapai film adalah pengurangan ketajaman gambar. Akan selalu ada kehilangan resolusi spasial.
Beberapa metode telah dirancang untuk mengurangi masalah radiasi tersebar.Paling sederhana dan paling langsung adalah hanya membatasi bidang eksposur. Jika bidang gambar kecil yang memadai untuk membuat diagnosis klinis, bidang gambar harus "coned down" untuk yang ukuran kecil. Misalnya, jika Anda ingin gambar kandung empedu, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih tajam jika Anda membawa jendela down untuk menyertakan suatu daerah hanya ukuran kantong empedu bukan termasuk seluruh perut bagian atas pada gambar. Hanya ingat bahwa semakin kecil area sinar x-ray foton tersebar kurang Anda akan menghasilkan.
Dalam situasi pencitraan khas klinis, metode yang paling umum untuk mengurangi scatter adalah dengan menggunakan grid radiografi. Grid yang tampak seperti piring logam datar ukuran film x-ray jika Anda melihat langsung. Namun, lebih rumit dari itu.Ini sebenarnya adalah terdiri dari bolak radiopak (timah) dan radiolusen (aluminium) strip. Ini diatur pada tepi, semacam seperti melihat strip dari sebuah venetian buta yang diatur untuk membiarkan cahaya datang antara strip. Tepi strip ini adalah berbalik ke arah sumber x-ray dan di grid paling umum digunakan, grid terfokus, yang anglulation dari strip diatur untuk menyesuaikan perbedaan balok x-ray. Ini susunan grid radiografi akan memberikan probabilitas tertinggi untuk primer "x" foton melewati antara strip grid memimpin dan mencapai film, sedangkan off-fokus atau foton sekunder cenderung berinteraksi dalam strip memimpin dan tidak pernah mencapai film.
Penggunaan grid radiografi ini akan sangat meningkatkan ketajaman gambar jika bagian tubuh yang relatif tebal sedang dicitrakan. Sayangnya, selalu ada trade off. Sejak grid tidak berhenti beberapa foton yang akan memberikan kontribusi untuk film menghitam, jika Anda hanya menambahkan kotak radiografi tanpa mengubah pengaturan tabung, film ini akan sangat kurang terang. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan grid, Anda harus meningkatkan jumlah foton yang dihasilkan oleh tabung x-ray untuk mendapatkan eksposur film yang benar. Hal ini akan mengakibatkan memberikan paparan radiasi pasien meningkat. Ingat, posisi grid adalah antara pasien dan film.

 Grid radiasi sekunder memiliki karakteristik transmisi berkas sinar yang berbeda , ditentukan oleh bahan yang digunakan dalam konstruksinya dan detail perancangannya.Oleh karena itu penggunaan grid yang berbeda memerlukan modifikasi factor eksposi, misalnya bila merobah dari teknik bucky ke kase-grid, atau bila merobah dari teknik grid ke teknik tanpa grid. Adapun tujuan dari penggunaan grid adalah meningkatkan kontras, mengurngi kepadatan. Pilihan untuk menggunakan grid tergantung pada kV yang diigunakan, ketebalan obyek. Penggunan grid memang memningkatkan kontras, akan tetapi hal ini harus dibarengi dengan penambahan mAs sehingga dosis radiasi yang di terima oleh pasien akan bertambah. Grid biasanya digunakan hanya ketika ketebalan pasien 10 cm (ukuran lutut orang dewasa) atau lebih dan apabila menggunakan kV lebih dari 60 kV.

Faktor grid
Faktor grid menyatakan jumlah dimana radiasi diatenuasi pada saat melewati grid. Faktor grid disefinisikan sebagai ratio eksposi ( mAS ) yang diperlukan untuk menghasilkan densitas gambar tertentu bila menggunakan grid terhadap eksposi yang diperlukan untuk memperoleh densitas yang sama dengan system film screen yang sama bila tanpa menggunakan grid , yaitu :

                                                               Eksposi  ( mAS ) dengan grid
                            Faktor grid  =       ------------------------------------------
                                                                Eksposi  ( mAS ) tanpa grid 

Semua factor yang lain termasuk kV harus konstan.

Contoh : radiographer menghasilkan photo Rontgen sendi bahu AP menggunakan factor eksposi 55 kV , 10 mAS pada FFD 90 cm dengan menggunakan system film screen high resolution . Photo Rontgen memiliki densitas rata-rata  yang tepat tetapi radiographer merasa kontras gambar perlu diperbaiki dengan menggunakan grid. Bila factor grid pada 55 kV adalah 3 : 1 , maka berapakah mAS yang harus digunakan  ?
Dari definisi , grid dengan factor 3 : 1 memerlukan mAS tiga kali lipat untuk memperoleh densitas yang sama.Jadi mAS baru dapat diperoleh dengan :

                  mAs baru ( dengan grid )  =  mAS lama (tanpa grid )  X  factor grid
                                                =   10  X  3
                                                =   30 mAS

Jadi eksposi yang diperlukan adalah 55 kV , 30 mAS dengan factor lainnya tetap.

Moving grid
Sering dikatakan bahwa teknik moving grid memerlukan eksposi lebih tinggi dibandingkan dengan teknik grid stationer. Pada kenyataannya tidak demikian, walaupun eksposi yang diperlukan memang berbeda. Perbedaan ini disebabkan karena  :
1.        Karakteristik yang berbeda antara grid yang digunakan pada meja bucky ( Potter-Bucky ) dengan pada grid stationer
2.        Adanya attenuasi radiasi oleh meja jika dipergunakan mekanisme Potter-Bucky.
Perubahan-perubahan eksposi multiple
Kadang-kadang diperlukan modifikasi beberapa aspek eksposi ketimbang hanya factor tunggal. Efek kombinasi dari perubahan perubahan dapat dikalkulasi dengan memperhitungkan efek masing-masing perubahan secara terpisah, tahap demi tahap.
Photo thorax dihasilkan dengan menggunakan factor eksposi 55 kV , 6 mAS pada FFD 180 cm dengan kaset pada chest stand; tidak menggunakan grid. Bagaimana eksposi harus dipilih bila pasien yang sama dilakukan photo dengan menggunakan Bucky tegak ( grid factor 4 : 1 ) pada FFD 100 cm.



Langkah 1
Efek penggunaan grid pada eksposi.
Faktor grid 4 : 1 menunjukkan baha mAS harus dinaikkan dengan factor 4 untuk memperoleh densitas yang sama, yaitu 4 x 6 = 24 mAS , jika hanya ini perubahannya , eksposi yang diperlukan menjadi 55 kv , 24 mAS

Langkah 2
Efek perubahan FFD

             mAS baru                           ( FFD baru ) 2
            ---------------------   =       ---------------------------
             mAS lama                           ( FFD lama ) 2



Kita gunakan 24 mAS sebagai mAS lama , jadi  :

                mAS baru                  1002
               ------------------   =   ---------
                       24                        1802
                                1002
mAS baru      =   ----------- X 24
                                1802

                      =  7 mAS
                               
Jadi eksposi yang diperlukan pada kondisi yang baru adalah 55 kV dan 7 mAS pada FFD 100 cm dengan menggunakan Bucky tegak.





BAB III
PENUTUP

3.1.      Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penulisan makalah ini antara lain :
Selain perbedaan jenis modalitas (alat pemeriksaan), karakteristik citra radiografi yang baik juga dipengaruhi oleh unsur-unsur :
a.       FFD : jarak focus - film
b.      Screen : Perangkat yang terdiri dari bahan fluorescent, yang ditempatkan dalam kotak dengan film di dalam kaset radiografi.
c.       Grid : Berbentuk lempengan yang terdiri dari sejumlah garis-garis panjang sejajar dari Timah hitam ( Pb ) yang diselingi oleh bahan antara yang bening. Untuk mengurangi radiasi hambur pada filim
d.      Intensitas keseluruhan dari satu gambaran dipengaruhi oleh tiga faktor, mA, jarak dan kV. Bila mA atau jarak digunakan sebagai faktor pengontrol intensitas maka perubahan kontras subyek (bahan) tidak terjadi. Tetapi bila kV digunakan sebagai faktor pengontrol intensitas maka terjadinya perubahan kontras subyek selalu muncul dalam hubungannya dengan perubahan intensitas.

3.2.      Saran             
Di dalam menghasilkan gambar radiografi (foto rontgen), hendaknya seorang radiografer harus memperhatikan citra gambar yang dihasilkan, karena dengan citra radiografi yang maximal maka seorang radiologist (dokter) bisa menegakan diagnosa selanjutnya dengan maximal pula.  
Di dalam menghasilkan gambar radiografi (foto rontgen), hendaknya memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi citra radiografi. Seperti Kv, mA dan s atau Grid, Screen dan FFD.           


 SEMOGA BERMANFAAT ^_^&

DAFTAR PUSTAKA


http://www.puskardim.blogspot.com, 2008, Berkas Sinar-X dan Pembentukan Gambar, Arif Jauhari
Andriyan B. Suksmono, 2006, Dasar-Dasar Pencitraan dan Pengolahan Citra Biomedika, Bandung: Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB

1 komentar:

  1. KAMI beli barang anda , berupa :
    -film positif
    -film negatif
    -klise foto 25-35mm yg belum pernah dipakai
    ( Belum ad gambar )
    -film percetakan poster
    -film majalah
    -film koran
    -film buletin
    -film ex rontgen
    -film ex perusahaan pertambangan
    -sendok ex maskapai penerbangan ( yg ad silver coating )
    -kontaktor rusak
    -breaker rusak
    -air fixer
    -mesin hp cina / samsung dsb ( harus dipisah )
    -papan jalur
    -plastik keyboard
    -micron
    - sim card hp
    -minyak jelantah ex hotel , restoran , katering , dll
    - tutup galon bekas
    - botol infus bekas
    -autan / soffell
    -Serba komputer , server , pabx , printer , processor , laptop , notebook , rak server , UPS , panel listrik , dll
    - kursi kantor , filling cabinet
    -serba jerigen ukuran 5L , 20L , 30L , drum plastik 100L & 200L
    -drum besi 200L kondisi lengkap
    -aki rusak bekas mobil , motor , truk , forklift , tower telkom
    -serba kertas duplex , hvs , dsb ukuran plano
    -serba biji plastik sudah giling / belum digiling
    - kulit kabel jenis PE GILA , PVC
    - plastik PET BENING , PET FILM , PP CETAK , PET VAKUM ( SEMUA KONDISI BERSIH )
    - Pp Aki Putih , Hijau , Hitam Proses
    - Slopan bekas
    - Bs Slopan Roll
    - Pp Karung
    - Hd Super
    - Pp Klip Super
    - Pet Polyester
    - Pet Metalizing ( lebar minimal 40cm )
    - Nylon 06
    - Nylon 66
    - Pp Fiber Hitam
    - Ember Putih 25kg
    - Abs Pc
    - Nylon Kena PBT Proses - Abs Bobin
    - Pp Hitam Proses Benang
    - AS
    - PS
    - PC
    - SEMUA SERBA PLASTIK KONDISI BERSIH & BELUM GILING
    -limbah lain nya

    Dibeli uang :
    * pecahan rp.100.000 polimer tahun 1999 :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    - kirim gambar lengkap
    - Sebutkan seri 3 huruf depan nya
    - jumlah minimal 1 brut
    - nomor seri uang berurutan

    *pecahan rp.100 perahu layar tahun 1992 / 1992 :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    - tulisan "perahu layar"
    - nomor seri uang dari kecil ke besar

    *euro salaman pecahan $1.000.000 edisi tahun 2015 polimer :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    -harus ada sertifikat asli

    *euro gedong panjang pecahan $1.000.000 edisi tahun 2015 polimer :
    -kondisi mulus tanpa cacat
    -kirim gambar lengkap
    -harus ada sertifikat asli

    ***Syarat barang yg sy beli :
    -tidak melayani tanya
    jawab harga apapun.
    -kirim gambar lengkap.
    - ALAMAT LOKASI BARANG DISEBUTKAN.
    -sebut harga jual langsung.

    Jangan tawarkan barang kpd sy :
    -tanah
    -rumah
    -kapal
    -besi
    -kendaraan
    -gedung
    -pabrik
    -mall

    Dijual barang :

    - kayu gaharu jenis AB , CHIPS , SERBUK , KEMEDANGAN , DEKOR , GAHARU FOSIL , dsb untuk kebutuhan export , bibit minyak wangi , dupa , dll..
    **KAPASITAS SUPPLY MULAI 20KG SAMPAI 1 TRUK FUSO
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )..


    -serba ban bekas kendaraan umum / alat berat , dsb kondisi apa adanya & sudah dibelah 2..
    **Kapasitas supply 10-40 ton per 1 x kirim
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )

    -kaleng bekas minuman pocari sweat , larutan kaki 3 , sprite , dsb..
    **KAPASITAS SUPPLY 100 TON PER 1 BULAN
    ( SEBUT HARGA BELI LANGSUNG )

    - Dijual resin pvc KW 1 Super , jenis :
    - sn 57
    - sn 65
    - sn 70
    Warna masing2 putih & krem

    catatan : Hanya harga barang yg cocok dibeli ssuai bidang sy

    Salam sukses untuk semuanya

    HUBUNGI SEGERA VIA SMS / CALL / WHATSAPP :

    089650091317
    BENI

    BalasHapus