Rabu, 27 Februari 2013

AMAN DARI RADIASI MEDIS

Tips Aman

1. Jangan masuk ke ruang pemeriksaan rontgen selain pasien dan petugas.

2. Pasien harus kooperatif, mau diajak kerja sama, agar dalam pengaturan posisi/objek tubuh dapat   dilakukan dengan baik oleh petugas sehingga gambaran rontgen informatif dan dapat menegakkan diagnosa.

3. Upayakan tidak bergerak selama pemeriksaan, terutama pada objek terperiksa agar tidak terjadi pengulangan gambar rontgen, karena pengulangan rontgen berarti penambahan dosis radiasi ke pasien.



4. Mintalah baju pelindung radiasi (apron) kepada petugas dan minta bantuan untuk memakaikannya jika terpaksa Anda sebagai keluarga pasien harus masuk ke dalam ruangan pemeriksaan untuk membantu petugas memegang pasien, terutama pasien anak kecil atau bayi. Selain itu, kehadiran orang tua di sisi anak selama pemeriksaan cenderung membuat anak merasa aman dan nyaman sehingga membantu kelancaran pemeriksaan rontgen.

5. Untuk ibu hamil,  jika harus melaksanakan pemeriksaan rontgen diwajibkan memberitahu kepada petugas, agar petugas mempersiapkan baju pelindung, terutama melindungi daerah perut (janin). (24) 

sumber http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/06/11/189168/Aman-dengan-Radiasi-Medis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar